Home » Berita » Pelatihan Diversifikasi Olahan Hasil Perikanan Di P2MKP Modepso Di Dufa-Dufa, Kota Ternate

Pelatihan Diversifikasi Olahan Hasil Perikanan Di P2MKP Modepso Di Dufa-Dufa, Kota Ternate

IMG_4449P2MKP (Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan) Modepso yang berlokasi di Kelurahan Dufa- Dufa Kota Ternate Provinsi Maluku Utara menyelengarakan pelatihan pengolahan hasil perikanan bagi masyarakat selama empat hari terhitung tanggal 14 sampai 17 April 2015. Pelatihan ini merupakan wujud dukungan terhadap kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor : PER.01/MEN/2011, tanggal 18 Januari 2011 tentang Pembentukan dan Pengembangan Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP). P2MKP Modepso sebagai P2MKP baru yang ditetapkan pada tanggal 30 April 2014 oleh SK Kepala BPSDM KP Nomor : KEP.42/BPSDMKP/2014 dan Sertifikat No.Reg.00413 yang bergerak dibidang Pengolahan Hasil Perikanan, mulai melakukan kegiatan pelatihan untuk pertama kalinya dengan melatih 20 orang yang terbagi dalam dua angkatan yakni Angkatan L dan LI.

Sebagai P2MKP baru yang bertujuan memperdayakan para pelaku utama yang sudah mandiri, baik perorangan maupun kelompok, untuk meningkatkan status kelembagaan dalam kemampuan dan keswadayaan pelaku utama, untuk menyelenggarakan pelatihan bagi masyarakat sehingga menjadi lembaga pelatihan yang lebih operasional, dan meningkatkan status dan peranannya bagi masyarakat, maka P2MKP Modepso dalam penyelenggaraan pelatihan perdana melatih pembuatan ikan asap, kecap dan pembuat abon.. dalam bidang pembuatan Nugget, Kakinaga dan Cendol Ikan.

Pelatihan yang berlangsung selama 4 (empat) hari ini, terdiri dari 24 jam pembelajaran (JP) @ 45 menit dengan kurikulum pelatihan yang berbasis kompetensi, yang terdiri dari Teori 25 % dan Praktek 75 %, dengan materi pelatihan :
IMG_44631. Pemilihan bahan baku olahan Nugget, KakiNaga dan Cendol Ikan
2. Persiapan bahan baku olahan Nugget, KakiNaga dan Cendol Ikan
3. Persiapan perlengkapan dan peralatan olahan Nugget, KakiNaga dan Cendol Ikan
4. Proses pengolahan Nugget, KakiNaga dan Cendol Ikan
5. Teknik Pengemasan.

IMG_4381Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ternate. Dalam sambutannya, Kabid P2HP Dinas KP Kota Ternate menyampaikan terima kasih kepada BPPP Ambon karena dengan hadirnya P2MKP Modepso, maka sudah 2 (dua) P2MKP di Kota Ternate yang bergerak dibidang Pengolahan yang secara langsung membantu Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ternate meningkatkan SDM dibidang Pengolahan dan Pemasaran. Proses pelatihan berjalan dengan baik, peserta dilatih oleh tenaga-tenaga pelatih dari P2MKP Modepso dan pelatihan ini didampingi oleh dua orang Supervisor dari BPPP Ambon yakni Viona Nikjuluw, M.Si dan Rahmawati Umasugi, M.Si. Pada bagian akhir pelatihan, peserta diberikan sertifikat sebagai tanda tamat pelatihan yang ditandatangani langsung oleh Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Ambon.

Baca Juga

Tolak Gratfikasi Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 M

Salam super sahabat #minamania pada tahu gak sih bahwa gratifikasi pada umumnya masih belum dipahami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *