Home » Berita » Pelatihan Penangkapan Ikan Bagi Nelayan di SKPT Merauke

Pelatihan Penangkapan Ikan Bagi Nelayan di SKPT Merauke

Rabu, 15 Maret 2017 dimulai satu paket pelatihan oleh Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Ambon. Pelatihan tersebut adalah Pelatihan Pembuatan dan Pengoperasian Jaring Insang (Gill Net) di Kabupaten Merauke, tepatnya di Desa Kaiburse Distrik Malind. Pelatihan ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Merauke, Ibu Martha, didampingi ketua panitia pelatihan Ibu Rosaline Sopaheluwakan. Merauke merupakan salah satu wilayah Sentar Kelautan Perikanan Terpadu (SKPT) yang termasuk dalam wilayah kerja BPPP Ambon, sehingga mendapat program pelatihan tersebut.

Peserta pelatihan berasal dari empat kampung atau desa dalam Distrik Malind yakni Domande, Kaiburse, Onggari dan Kumbe. Pelatihan ini diikuti oleh peserta 33 orang yang umumnya merupakan penduduk asli Merauke. Seperti diketahui bahwa empat kampung tersebut merupakan kampung pesisir yang selama ini menyuplai kebutuhan ikan masyarakat Merauke.

Pelatih yang terdiri atas Agussalim dan Helmy Polnaya memberikan berbagai materi seputar pembuatan dan pengoperasian alat tangkap jaring insang. Di antara materi pelatihan tersebut adalah merakit jaring insang dan mengoperasikan jaring insang. Dalam materi tersebut peserta dilatih untuk terampil menghitung jumlah kebutuhan bahan dan alat berdasarkan jenis jaring insang yang akan dibuat agar efektif dan efisien, serta dilatih agar terampil mengoperasikan alat tersebut.

Baca Juga

Tolak Gratfikasi Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 M

Salam super sahabat #minamania pada tahu gak sih bahwa gratifikasi pada umumnya masih belum dipahami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *