Home » KTI » Budidaya » Panen Rumput Laut Di Kaimana

Panen Rumput Laut Di Kaimana

Selasa, 9 Februari 2021, berlangsung panen rumput laut di negeri senja indah Kaimana, tepatnya di Kampung Marsi Satu, Desa Marsi Distrik Kaimana Provinsi Papua Barat. Kegiatan pembudidayaan rumput laut tersebut dilakukan oleh para pembudidaya lokal antara lain Aser Jaisona dan Andreas Ohoiwutun. Panen kali ini adalah panen yang kedua dalam bulan Februari ini setelah sebelumnya melakukan panen pada tanggal 4 Februari, pada lokasi budidaya yang sama.

Budidaya rumput laut di daerah ini sudah dikembangkan sejak tahun 2007 dan terus berkembang di bawah bimbingan penyuluh perikanan Bastian Imbir dan penyuluh pendamping daerah. Potensi rumput laut di daerah ini sangat besar, terbukti dengan panen rumput laut yang bisa mencapai 8 ton rumput laut basah. Ukuran luasan budidaya rumput Laut di Kampung Sisir atau Marsi ini berkisar 50 x 50 atau 2500 meter persegi. Usaha budidaya rumput laut selama ini ditopang oleh Dinas melalui anggaran dari APBD. Para pembudidaya dan penyuluh pendamping berupaya mengakses pasar rumput laut hingga ke Kota Tual.
Bastian Imbir selaku penyuluh perikanan Kaimana berharap ke depannya pasar rumput laut di Kaimana semakin terbuka sehingga para pembudidaya bisa berusaha dengan lebih baik, karena potensi budidaya rumput laut di Kaimana sangat besar. Kaimana dikelilingi oleh pulau-pulau dan teluk dengan perairan cenderung tenang sehingga sangat baik untuk rumput laut. Harapan pembudidaya rumput laut menurut Bastian juga adalah peran pemerintah yang lebih intens lagi untuk memperbaiki rantai tata niaga pemasaran rumput laut di Kaimana, karena rumput laut bisa menjadi salah satu produk unggulan daerah di sektor perikanan.
Sumber : Bastian Imbir (Penyuluh Perikanan Kaimana)

Baca Juga

Panen Udang Vannamei BPPP Ambon yang kedua dihadiri oleh Anggota DPR RI Sa’adiah Uluputty

BPPP Ambon kembali melakukan panen udang yang kedua pada hari Jumat 10 September 2021. Panen …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Layanan Online BPPP AMBON!

Klik staf Layanan kami di bawah untuk Chat di WhatsApp atau kirim email ke agussalim.abdurrachman@gmail.com

× Chat BP3 AMBON