Home » KTI » Pengolahan Hasil Perikanan » BPPP Melatih Membuat Fish Jelly dan Bread Scrumb, Yorrys Raweyai : Pengolahan ikan meningkatkan perekonomian masyarakat

BPPP Melatih Membuat Fish Jelly dan Bread Scrumb, Yorrys Raweyai : Pengolahan ikan meningkatkan perekonomian masyarakat

Rabu, 17 Maret 2021, BPPP Ambon kembali menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Blended Pengolahan Hasil Perikanan, yang mengetengahkan tema Fish Jelly dan Bread Scrumb. Pembukaan pelatihan turut dihadiri oleh Anggota DPD RI Dapil Maluku, Anna Latuconsina, SH, Kepala BRSDM-KP Prof. Sjarief Widjaja, Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan KP Dr. Lilly Aprilia Pregiwati, dan Kepala BPPP Ambon, Abubakar, M.Si beserta para pelatih (Widyaiswara dan Instruktur) Sedangkan peserta pelatihan berasal dari Biak dan Jayapura Provinsi Papua, didampingi para penyuluh perikanan di lokasi masing-masing.

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Anna Latuconsina, SH, mewakili Yorrys Raweyai, Ketua Komite II DPD RI asal Papua yang pada saat pembukaan pelatihan yang tidak bisa hadir. Dalam sambutan Yorrys yang dibacakan oleh Anna, disampaikan bahwa kesadaran mengkonsumsi ikan saat ini semakin meningkat meningkat terutama di negara maju, yang semula mereka lebih banyak mengkonsumsi protein dari peternakan beralih ke protein dari perikanan. Selanjutnya Yorrys juga menyatakan pentingnya intensifikasi budidaya dan diversifikasi produk perikanan. Pengolahan hasil perikanan bertujuan meningatkan nilai tambah produk perikanan. Dengan demikian pengolahan hasil perikanan sangat berpengaruh terhadap perkonomian masyarakat. Pengolahan hasil perikanan akan baik hasilnya dengan teknologi yang maju, dan harganya akan meningkat dengan pemberian label yang menarik. Kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan dan semua pihak yang terlibat atas terselenggaranya kegiatan pelatihan ini, Yorrys menyampaikan terima kasih. Kegiatan ini akan mendukung ketahanan pangan nasional jika disertai dengan kerjasama yang baik antar lembaga, pungkas Yorrys.
Mengakhiri sambutannya Anna Latuconsina, mewakili seluruh anggota komite II DPD RI, menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan atas berbagai pelatihan yang telah diberikan kepada para masyarakat khususnya di kawasan timur Indonesia . Anna juga kedepan siap bersinergi dalam melakukan pelatihan diversifikasi olahan ikan bagi masyarakat.
Pada kesempatan yang sama Kepala Badan Riset dan SDM KP, Prof. Sjarief memotivasi peserta agar suatu ketika nanti akan punya toko sendiri yang menjual produk perikanan. Sjarief menyatakan kepada Kepala BPPP Ambon agar tidak tanggung-tanggung dalam memberikan dukungan terhadap pengolahan ikan. Desain kemasan yang baik, semisal nugget ikan upin ipin, anak-anak kecil akan suka, sehingga yang tadinya tidak suka makan ikan jadi suka makan ikan. Cobalah sesuatu yang membuat anak-anak kita mau makan ikan, terang Sjarief.

Baca Juga

Semarak HUT RI 76 tahun kemerdekaan Republik Indonesia

Selasa, 17 Agustus 2021 BPPP Ambon menyemarakkan acara hari Kemerdekaan RI yang ke 76 tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *