Home » Berita » BPPP Ambon Launching Gerai Ikan Segar dan Kolam Bioflock, Kapuslatluh KP : BPPP Ambon Memiliki Peran Strategis untuk Kesiapan SDM

BPPP Ambon Launching Gerai Ikan Segar dan Kolam Bioflock, Kapuslatluh KP : BPPP Ambon Memiliki Peran Strategis untuk Kesiapan SDM

Senin, 12 April 2021, Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan, Dr. Lilly Aprilia Pregiwati, S.Pi., M.Si, hadir secara langsung saat peresmian Gerai Ikan Segar dan Kolam Bioflock di BPPP Ambon. Acara peresmian tersebut dilaksanakan secara langsung melalui daring oleh Kepala Badan Riset dan SDM KP secara daring. Kegiatan juga dihadiri oleh perwakilan dari berbagai institusi di Kota Ambon, di antaranya Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku, Dinas Perikanan Kota Ambon, Fakultas Perikanan Unpatti, UPT KKP se Kota Ambon, Kepala Desa Poka dan Kepala Desa Rumah Tiga, Kapolsek Teluk Ambon, Koramil, beberapa orang Kepala SMK di Maluku serta para undangan dari berbagai lembaga lainnya.
 
Kepala Badan Riset dan SDM KP, Prof. Sjarief Widjaya, yang hadir secara daring untuk membuka secara resmi kegiatan launching Gerai Ikan Segar Marthafons dan Kolam Bioflock BPPP Ambon, juga berkesempatan menyampaikan arahan terkait kegiatan ini. Menurut Sjarief gerai ikan dan kolam bioflock menjadi percontohan bagi masyarakat. Menurutnya masyarakat bisa memperbanyak gerai ikan segar seperti ini di pelosok-pelosok sehingga masyarakat bisa menikmati ikan segar dengan kualitas yang baik, dengan harga terjangkau dan memenuhi standar pengolahan yang baik. Demikian halnya dengan bioflock masyarakat bisa mengelola budidaya ikan dengan kolam-kolam yang terbatas, mudah dikerjakan, bisa dirakit sendiri, dan dengan menggunakan probiotik, budidaya dengan kepadatan yang tinggi. Budidaya dengan sistem bioflock bisa memberikan keuntungan yang baik bagi masyarakat. Harapanya percontohan yang dibuat oleh BPPP Ambon nantinya akan direplikasi dan diduplikasi oleh masyarakat di berbagai tempat di Maluku dan Maluku Utara. Di akhir arahannya Sjarief juga memberikan selamat kepada BPPP Ambon dan mengharapkan instansi yang lain segera mengikuti jejak BPPP Ambon dalam menghasilkan produk-produk yang akan membawa peningkatan ekonomi masyarakat.
 
Pada kesempatan yang sama, dalam sambutannya Kapuslatluh KP menyampaikan terimakasih atas kedatangan para undangan dari berbagai institusi dan berharap momentum ini menjadi ajang promosi tentang peran strategis BPPP Ambon, untuk melayani masyarakat dalam memberikan pelatihan dan penyuluhan. Kapuslatluh juga mengapresiasi kinerja Kepala BPPP Ambon dan timnya. Gerai ikan dan kolam bioflock bertujuan menjadi pusat percontohan bagi masyarakat. Bioflock ikan mengembangkan dua komoditas yakni udang dan nila salin. Selain itu Gerai ikan diharapkan menjadi destinasi wisata edukasi yang bisa ditempati belajar. Lilly juga menyampaikan program prioritas Menteri KP yakni peningkatan PNBP Perikanan Tangkap, Budidaya Ikan, dan Pengembangan Kampung Ikan. Lilly juga mengingatkan bahwa program Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional membutuhkan kesiapan SDM yang handal, yang memiliki inovasi dan juga kemauan untuk mengembangkan Maluku. Dalam posisi itu maka peran BPPP Ambon dan SUPM serta Poltek KP Maluku sangatlah tepat untuk mendukung kesiapan SDM tersebut pungkas Lilly.
 
Peresmian Gerai Ikan Segar Marthafons besutan BPPP Ambon ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kapuslatluh didampingi Kepala BPPP Ambon serta para perwakilan instansi pusat dan daerah yang hadir pada saat itu. Usai pengguntingan pita Kapuslatluh dan para undangan kemudian berkesempatan melihat berbagai jenis ikan hidup baik jenis ikan air laut maupun air tawar pada akuarium-akuarium dalam gerai ikan. Selain itu pengunjung juga menyaksikan proses loin ikan tuna sesuai standar higienitas. Dan di antara para pengunjung banyak yang belanja produk hasil olahan yang juga terdapat pada gerai ikan ini.
Hal yang sama pada Kolam Bioflock, peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kapuslatluh didampingi Kepala BPPP Ambon dan para undangan. Setelah itu Kapuslatluh kemudian menebar benih udang vaname dan benih ikan nila salin pada masing-masing kolam bioflock yang sudah disiapkan. Sebagai bagian penutup dari rangkaian acara ini adalah para undangan menikmati jamuan makan siang pada gazebo bernuansa wisata bahari yang baru saja diselesaikan pengerjaannya oleh BPPP Ambon.

Baca Juga

Ketua dan Wakil Ketua beserta 21 anggota Komite II DPD RI bersama rombongan berkesempatan mengunjungi BPPP Ambon

Senin, 06 Juni 2022, Kunjungan kerja Komite II DPD RI dalam rangka pengawasan atas pelaksanaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Layanan Online BPPP AMBON!

Klik staf Layanan kami di bawah untuk Chat di WhatsApp atau kirim email ke agussalim.abdurrachman@gmail.com

× Chat BP3 AMBON