Home » Berita » Pelatihan yang Digelar BPPP Ambon di SKPT Morotai Dihadiri Menteri KKP

Pelatihan yang Digelar BPPP Ambon di SKPT Morotai Dihadiri Menteri KKP

Selasa 8 Maret 2022, BPPP Ambon menggelar pelatihan diversifikasi pengolahan hasil perikanan, khususnya ikan tuna, di Miamari ( Morotai integrated Aquarium and Research Institute) Morotai, Maluku Utara. Pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka pengembangan sumberdaya manusia yang akan mengelola Morotai selaku Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT). Kegiatan ini bertepatan dengan kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono di Morotai. Menteri Trenggono bahkan sempat berdialog dengan peserta pelatihan tersebut.

Menurut Menteri Trenggono, peran SKPT harus dioptimalkan untuk mendongkrak produktivitas ribuan nelayan Morotai yang sebagian besar merupakan nelayan tradisional. Apalagi Pulau Morotai yang terletak di tiga Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) 715, 716, dan 717 yang memiliki potensi tangkapan yang sangat besar terutama ikan tuna.

Selain pembangunan fasilitas perikanan seperti cold storage, kantor pelabuhan, pabrik es, kios nelayan, fasilitas tambat labuh hingga pengolahan sampah, KKP juga akan rutin melakukan pengembangan kualitas SDM melalui pelatihan dan penyuluhan, papar Menteri Trenggono.

Rencananya Miamari akan mejadi pusat pendidikan, pelatihan dan penyuluhan di Morotai. Morotai sendiri saat ini merupakan wilayah kerja dari BPPP Ambon.

 

Baca Juga

Tolak Gratfikasi Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 M

Salam super sahabat #minamania pada tahu gak sih bahwa gratifikasi pada umumnya masih belum dipahami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *