Home » Berita » Temu Lapang dan Panen Perdana di Percontohan Penyuluhan Perikanan Tahun 2022 di Wilayah Satminkal BPPP-Ambon

Temu Lapang dan Panen Perdana di Percontohan Penyuluhan Perikanan Tahun 2022 di Wilayah Satminkal BPPP-Ambon

kamis 29 September 2022, Satminkal BPPP-Ambon Temu Lapang Percontohan Penyuluhan Perikanan Pembesaran Ikan Nila dengan Pemberian Pakan Mandiri di tepatnya di Pokdakan Patin Karya Sejati yang beralamat di Kelurahan Koya Timur, Kecamatan Muara Tami, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Kegiatan ini diselenggarakan secara daring dan luring, yang dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan KP, Ibu Dr. Lilly Aprilya Pregiwati, S.Pi, M.Si. Hadir juga Kepala Dinas Perikanan Kota Jayapura, Matheys Sibi, S.ST.Pi,M.Si beserta jajaran bidang budidaya, Kepala Balai Benih Ikan Kota Jayapura, Kepala Distrik Muara Tami, Kepala Kelurahan Koya dan para pembudidaya ikan air tawar yang mewakili dari 8 pokdakan yang ada di Kelurahan Koya Timur dan sekitarnya, yaitu : Pokdakan Patin Karya Sejati, Pokdakan Mina Mandiri Sejahtera, Pokdakan Manila Bendung Tami, Pokdakan Biru Laut Lestari, Pokdakan Sinar Nusantara Timur, Pokdakan Sumber Jaya Abadi dan Pokdakan Cendana Mandiri Bersatu.

Percontohan ini telah dilaksanakan selama kurang lebih 4 bulan atau satu siklus produksi budidaya ikan nila yaitu dari tanggal 19 Mei sampai 29 September 2022.

Dalam satu siklus produksi ini, dilakukan sampling terhadap populasi ikan nila untuk mengetahui jumlah produksi yaitu mencapai 1.440 Kg (SR 90% dari 5.000 ekor ikan nila dengan berat rata-rata 325 gr) , diketahui harga pasar ikan nilai di Kota Jayapura senilai Rp. 35.000/Kg, sehingga nilai peroduksinya mencapai Rp. 50.400.000,-.

Dengan estimasi nilai produksi yang diperoleh maka Usaha Pembesaran Ikan Nila dengan Pemberian Pakan Mandiri ini memperoleh keuntungan senilai Rp. 30.941.000 dengan nilai BC rasio (Benefit Cost Ratio) 2,6  yang artinya usaha ini memeperoleh keuntungan 2,6 kali dari total biaya yang dikeluarkan.

Melihat dari kelayakan (Benefit Cost Ratio) yang diperoleh maka usaha pada kelompok percontohan ini dapat dikatakan berhasil dan layak untuk dilanjutkan.

Para pembudidaya ikan air tawar di Kelurahan Koya Timur dan sekitarnya sangat antusias dalam mengikuti kegiatan Temu Lapang guna mendeseminasi teknolologi pakan mandiri ini. Hal inidibuktikan dengan adanya 2 Pokdakan yang mulai mengadopsi teknologi pembuatan pakan mandiri ini, yaitu PAKDAKAN SUMBER JAYA ABADI dan BIRU LAUT LESTARI.

Harapannya adalah melalui kegiatan percontohan penyuluhan ini, akan banyak pelaku utama/pelaku usaha pembudidaya ikan maupun kelompok yang menerapkan teknologi pakan mandiri ini guna meningkatkan produksi perikanan budidaya secara umum di Kota Jayapura dan secara khusus bagi produksi kelompok.

Baca Juga

Top 6 Reddit Communities (+ 1 some other Forum) for Daters

Dating are confusing, and that’s why more and more people turn-to their friends, social media …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Layanan Online BPPP AMBON!

Klik staf Layanan kami di bawah untuk Chat di WhatsApp atau kirim email ke agussalim.abdurrachman@gmail.com

× Chat BP3 AMBON