Home » Berita » Abdullah Tuasikal Anggota Komisi IV DPR RI Membuka Pelatihan Diversifikasi Produk Hasil Perikanan di Kabupaten Buru Provinsi Maluku

Abdullah Tuasikal Anggota Komisi IV DPR RI Membuka Pelatihan Diversifikasi Produk Hasil Perikanan di Kabupaten Buru Provinsi Maluku

Desa Waepure, 8 Agustus 2023

Pelatihan Diversifikasi Produk Hasil Perikanan di Desa Waepure merupakan pelatihan Aspirasi yang dilakukan pada tanggal 8 s.d 9 Agustus oleh Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Ambon. Pelatihan dimulai dengan Laporan terkait potensi perikanan di kab buru oleh Kadis Perikanan Kabupaten Buru yaitu Ibu Ufairah Bin Thahir, S.Pi, M.Si, dalam laporannya Kadis Perikanan mengatakan  bahwa desa waepure telah diusulkan menjadi Kampung Nelayan Maju (KALAJU), dan ini merupakan kesempatan baik oleh Desa waepure untuk mengembangkan perikanan di desa tersebut. Disamping itu Kadis menyebutkan bahwa Nelayan Desa Waepure juga telah membentuk kelompok Warlukut dan teridentifikasi dalam Kartu Kusuka sebanyak 61 nelayan dan 30 Kelompok Pengolah dan Pemasar Hasil Perikanan (POKLAHSAR) dengan Komoditinya adalah ikan tuna.

Kemudian dilanjutkan oleh Kepala BPPP Ambon Bpk. Abubakar, S.St.Pi, M.Si yang melaporkan rencana proses pelaksanaan kegiatan pelatihan yang akan berlangsung. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pj. Bupati Bpk. Dr. Djalaluddin Salampessy S.Pi, M.Si,  dimana dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Anggota Komisi IV DPR RI bpk Ir. Abdullah Tuasikal, M.Si bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui BPPP Ambon terus bersama-sama dengan pemerintah daerah kabupaten buru melalui dinas Perikanan dalam memajukan sektor Kelautan dan Perikanan di kabupaten buru. Kegiatan pembukaan pelatihan dibuka secara resmi oleh Anggota Komisi IV DPR RI bapak Ir. H Abdulah Tuasikal, M.Si, yang dihadiri juga oleh Anggota DPRD Prov. Maluku Bpk. A. Aziz Hentihu, S.E. dan DPRD Kabupaten Buru, Kepala Desa serta para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, dalam sambutannya beliau akan terus mendorong untuk menyampaikan berbagai aspirasi dari kelompok nelayan di desa Waepure dan berharap kedepan pemanfaatan potensi perikanan tangkap yg cukup besar dapat terus ditingkatkan dengan dukungan dari berbagai program baik melalui pembiayaan pemerintah pusat ataupun melalui APBD dalam hal ini melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan bersinergi dgn pemerintah daerah kabupaten buru melalui dinas Perikanan kabupaten buru.

Pelatan ini berlangsung dari tanggal 08 s.d 09 Agustus 2023 di Desa Waipure Kecamatan Air Buaya Kabupaten Buru adalah kegiatan praktek membuat kecap ikan dari tuang dankepala ikan tuna, jari-jai ikan dan sosis ikan yang lebih dikhususkan pada ibu-ibu yang anaknya mengalami stunting (gagal tumbuh akibat kurangnya asupan gizi,dimana dalam jangka pendek dapat menyebab terganggunya perkembangan otak, metabolisme dan pertumbahan fisik pada anak. Peserta pelatihan berjumlah 100 orang berasal dari beberapa desa di kecamatan Air Buaya antara lain Desa Waipure, Desa Tanjung Karang, Desa Air Buaya, Desa Barra dan beberapa desa lainnya dibagai dalam lima kelompok kerja. Antusias peserta terlihat dari hasil yang diperoleh dan keinginan peserta untuk di hari jumat mewakili kecamatan Air Buaya dalam lomba masak ikan di Kabupaten Buru -Namlea.  Kegiatan pelatihan secara resmi ditutup oleh Bapak Camat Kecamatan Air Buaya, dan peserta pelatihan diberikan sertifikat yang langsung ditandatangai oleh Kepala BPPP Ambon.

Baca Juga

PENGADAAN JASA LAINNYA ORANG PERORANGAN (PJLP)TAHUN 2024 BPPP AMBON

Dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi di Balai Pelatihan danPenyuluhan Perikanan (BPPP) Ambon, kami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *