Home » Berita » Penyerahan Benih Ikan Kuwe Kepada 20 Pokdakan Di kawasan SFV Desa Poka Sekaligus Penandatanganan Perjanjian Kerjasama ”Usaha Pembesaran Ikan Pada KJA” Antara BPPP Ambon Dan BUMDES Gemilang Desa Poka

Penyerahan Benih Ikan Kuwe Kepada 20 Pokdakan Di kawasan SFV Desa Poka Sekaligus Penandatanganan Perjanjian Kerjasama ”Usaha Pembesaran Ikan Pada KJA” Antara BPPP Ambon Dan BUMDES Gemilang Desa Poka

Jum’at, 25 Agustus 2023

Dengan adanya Pengembangan Desa Poka sebagai Kawasan SVF, sangat berdampak kepada kami, pelatihan-pelatihan yang diberikan oleh BPPP Ambon dan pendampingan yang dilakukan oleh penyuluh perikanan memberikan motivasi dan semangat kepada kami untuk lebih maksimal lagi menjalankan usaha budidaya ikan pada KJA yang lebih maju, berkembang, dan mandiri.

Kegiatan GAROPA (Gerakan Bersih Poka Pantai) yang dilakukan setiap bulan pada hari Jumat minggu pertama telah membrikan dampak positif kepada kami untuk lebih menjaga kebersihan lingkungan di pantai Poka dan di KJA kami, sehingga terlihat hasilnya sekarang lingkungan pantai lebih bersih dan jumlah sampah berkurang. Di KJA kami juga sudah berkurang jumlah sampah yang tersangkut pada jaring. Walaupun sampai saat ini pembersihan yang kami lakukan belum efisien, karena kami belum bisa angakat smapah-sampah yang ada di laut, sehingga butuh sarana untuk mengangkut sampah di laut.

Kami siap untuk mendukung dan melaksanakan program pemerintah terkait SVF di kawasan Desa Poka ini dan Kami berterima kasih terhadap bantuan yang diberikan kepada kami. Kami juga meminta, pakan yang nanti kami terima juga di tambah dengan bantuan tempat penyimpanan, maka dari itu kami meminta satu Pokdakan 1 freezer untuk penyimpanan pakan.

Sambutan Kepala Desa Poka Ibu Maertina Kelbulan

Pemerintah Desa Poka mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama BPPP Ambon atas terlaksananya program ini sampai ke tahap pemberian bibit Ikan Kuwe kepada 20 Pokdakan yang ada dikawasa SFV. Juga pendampingan kepada Bum Des Gemilang Desa Poka yang akan pengembangan usaha pembesaran ikan pada KJA, dimana ini merupakan pertama kalinya usaha Bum Des menyetuh sektor perikanan. Kami banyak belajar dari BPPP Ambon dalam Pengembangan Kawasan SFV Desa Poka, sehingga kami dapat menyusun program yang benar-benar prioritas untuk kemajuan dan kesejahteraan kelompok.

Terima kasih juga kepada Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ambon sebagai UPT Kemendes yang telah melakukan pendampingan manajemen usaha kepada Bum Des Gemilang Desa Poka.

Pemerintah Desa juga mengucapkan terima kasih dan mohon dukungan dari Dinas Perikanan Kota Ambon, Dinas Keluatan dan Perikanan Provinsi Maluku, serta terima kasih juga kepada para penyuluh yang selalu ada dan hadir untuk mendampingi dan melakukan kegiatan untuk kemajuan Pokdakan di Kawasan SFV Desa Poka. Terima kasih kepada 20 Pokdakan dan terus saling mendukung dalam Pengembangan Kawasan SFV Desa Poka ini, kiranya kita harus lebih kompak lagi demi kemajuan Desa Poka.

Sambutan Kepala Dinas Perikanan Kota Ambon yang diwakili oleh oleh Kabid. Usaha Kecil dan Pengelolaan Budidaya : Ibu Silwana Tentua, S.Pi

Kami mengucapkan terima kasih kepada BPPP Ambon karena melalui program SFV membuat pembudidaya yang ada di Desa Poka memiliki partisipasi yang aktif. Apa yang dilakukan melalui program ini Seperti:

  • Pelatihan-pelatihan yang diberikan sangat bermanfaat untuk kelompok sehingga dapat lebih maju, mandiri dan sejahtera
  • Kegiatan GAROPA : membuat lingkungan menjadi bersih.
  • Bantuan yang di berikan ini memberikan perluasan modal usaha bagi kelompok

Pesan kami untuk para pembudidaya hendaknya harus terlibat aktif dan selalu berpartisipasi dalam pelaksanaan program SFV.

Sambutan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku yang diwakili oleh Kabid. Budidaya Perikanan dan Penguatan Daya Saing : Bapak Roy Iwamany,S.Pi,M.Si

Pemerintah Provinsi Maluku sangat memberikan apresiasi terhadap kegiatan SFV yang dilakukan oleh KKP melalui BPPP Ambon. Kami DKP Provinsi memberikan dukungan sejak 5 tahun terakhir untuk  perikanan pembudidaya. Pembudidaya menjadi prioritas utama kami. Ada 20 unit bantuan KJA yang kami berikan diantaran untuk pembudidaya di kawasan SFV Desa Poka.

Harapan DKP Provinsi Maluku :

  • POKDAKAN bisa memanfaatkan programSFV ini agar lebih sejahtera.
  • Apa yang sudah diprogramkan ini, dimanfaatkan dengan baik

Pemerintah Provinsi juga akan membuat pusat budidaya untuk Kota Ambon adalah di Desa Poka ini. Terkait bantuan freezer DKP Provinsi juga sudah memberikan untuk beberapa pokdakan yang ada di Desa Poka. Apabila program ini berhasil dan berjalan dengan baik maka akan berdampak banyak untuk kemajuan dan perkembangan Desa Poka.

Sambutan Kepala Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ambon Bapak Iman Sugiman,S.Pd.,M.M

Pesan kami agar supaya kita semua tetaplah bersenergi, bekerja bersama-sama menjalankan program SFV dan bersama – sama membangun Kawasan SFV di Desa Poka

Tetap berkaloberasi, saling berbagi, saling berpartisipasi secara penuh, dan saling meyetujui atau bersepakat untuk melakukan program SFV ini

Jangan lupa berintegrasi, membantu dan langsung masuk ke program SFV ini dari sisi manapun sesuai tugas pokok dan fungsi kita masing-masing.

Yang dapat kami lakukan adalah pendampingan ke pada BUMDES Gemilang Desa Poka terkait suatu unit usaha yang bisa bergerak dan masyarakatnya bisa maju. BUMDES Gemilang bisa berkembang lebih baik dan dapat berakomodasi untuk membangun desa lebih maju. Kami akan melakukan Jajaring mitra, kaloborasi bersama dan bekerjasama dengan lintas sektor untuk program ini. Pesan kepada tim pendamping untuk secara serius mengawal dan mendampingi SFV Desa Poka. Bentuk dukungan dari kami adalah memberikan pelatihan pemberdayaan masyarakat dan Pelatihan Desa Wisata. Pokdarwis bisa kami dampingi untuk pengembangan wisata. Wisata di Desa Poka bisa dikenalkan lebih dalam dan luas lagi. Mari bersama-sama kita jalankan proses ini dengan rasa gembira dan senang.

Sambutan Kepala BPPP Ambon : Bapak Abubakar, S.St.Pi,M.Si

Dalam menjalankan program SFV ini kita menggunakan filosofi “sapu lidi” dimana dengan kebersamaan ini bisa mencapai tujuan bersama.

Dengan banyaknya stakeholder yang terlibat maka sumber menjadi banyak. 2 tahun yg lalu kami datang di Ambon banyak tumpukan sampah di pantai Poka ini, namun tahap demi tahap sekarang sudah mulai membaik. Sekarang sekitar 50% sudah mulai bersih, salah satunya dengan adanya kegiatan GAROPA (Gerakan Bersih Poka Pantai) yang kita lakukan bersama-sama setiap bulan. Harapan saya kegiatan ini bisa memupuk budaya masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungannya.  Selama saya masih bertugas di sini, kita akan melakukan yg terbaik dan meninggalkan yang terbaik untuk Kota Ambon. Untuk Pokdakan yang ada dikawasan SFV, kita bisa bersama-sama kerkerjasama untuk melakukan program ini terlaksana. SFV ini adalah kerja kita bersama.  Penyerahan bibit ini bukan bantuan geratis tetapi nanti hasil dari budidaya ikan ini, akan ada pembayaran PNBP dan sisa dari pembayaran tersebut merupakan keuntungan bagi Pokdakan. Adapun jumlah bibit Ikan Kuwe yang diserahkan dan ditebar adalah sejumlah 350 ekor untuk masing-masing 20 Pokdakan. Sedangkan Kerjasama BPPP Ambon dengan BUM Des Gemilang Desa Poka adalah sejumlah 3.500 ekor bibit Ikan Kuwe. Harapannya dengan adanya pengembangan Kawasan SFV Desa Poka ini, dapat memberikan dampak yang nyata bagi Masyarakat dan terkhusus Pokdakan sehingga dapat lebih maju, mandiri dan Sejahtera.

Baca Juga

Tolak Gratfikasi Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 M

Salam super sahabat #minamania pada tahu gak sih bahwa gratifikasi pada umumnya masih belum dipahami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *