Home » Berita » Pelatihan Budidaya Air Tawar Pada Keramba Jaring Tancap Dan KJA Di P2MKP Siera Orogua Sentani

Pelatihan Budidaya Air Tawar Pada Keramba Jaring Tancap Dan KJA Di P2MKP Siera Orogua Sentani

Keramba TancapSentani, 22 April 2014, berlangsung pembukaan Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar pada Keramba Jaring Tancap dan Keramba Jaring Apung di Kampung Sosiri, Sentani, Kab. Jayapura Provinsi Papua. Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Jayapura dihadiri Kepala Distrik Waibu, Kepala Kampung Sosiri, dan Ketua Pengelola P2MKP Siera Orogua. Pelatihan ini didampingi oleh dua orang supervisor dari BPPP Ambon yakni A.R Sopaheluwakan, S.Pi dan Purwono, S.St.Pi. Pelatihan yang direncanakan berlangsung selama empat hari (22 sampai 25 April 2014) ini diikuti oleh 20 orang peserta pelatihan yang terbagi dalam dua angkatan. Peserta pelatihan berasal dari Kampung Sosiri Distrik Waibu Kabupaten Jayapura.

Kegiatan pelatihan ini merupakan kegiatan P2MKP Siera Orogua yang pertama kalinya selaku P2MKP. Kelompok Siera Orugua berdiri pada tahun 2010 dengan jumlah anggota 10 orang. Pada tahun 2013 Kelompok ini diusulkan oleh BPPP Ambon sebagai calon P2MKP untuk melatih masyarakat di Bidang Budidaya Air tawar dan pada tahun 2014 telah disetujui BPSDMKP sebagai tempat pelatihan.

Anak IkanLatar belakang berdirinya Kelompok Siera Orugua sebagian didasari atas pemikiran bahwa pemanfaatan Danau Sentani dari luas 9.360 hektar yang baru dimanfaatkan untuk budidaya ikan air tawar baru ± 15 %. Danau Sentani terletak di Kabupaten Jayapura Provinsi Papua, tepatnya di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cycloops. Arti kata Sentani adalah “di sini kami tinggal dengan damai”. Danau Sentani terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, merupakan danau terbesar di Papua dengan panjang danau 30 kilometer dan luas 9.360 hektar. Ada 22 pulau yang tersebar di sekitar danau sehingga secara langsung masyarakat di pulau-pulau tersebut menggantungkan hidupnya pada potensi yang ada di danau tersebut.

Pemasangan jaringPelatihan budidaya ikan air tawar pada keramba jaring tancap dan KJA ini terdiri atas teori dan praktek dengan proporsi 30:70. Kurikulum pelatihan meliputi : Pemilihan dan Penentuan Lokasi Pembesaran Ikan, Menyiapkan, Membuat dan Memasang Wadah Pemeliharaan Ikan, Penebaran Benih Ikan, Pemberian Pakan Ikan, Pemeliharaan Benih, Memantau Pertumbuhan Ikan, Perawatan Wadah Budidaya, Hama dan Penyakit Ikan, Memanen Ikan Hasil Budidaya, Pemasaran Ikan Hasil Budidaya.

Praktek yang dilakukan meliputi: Pemilihan lokasi, pembuatan wadah budidaya metode Kurungan Jaring Tancap, Teknik perawatan waring/jaring kurungan, teknik penebaran benih, teknik dan metode pemberian pakan, teknik menyampling ikan, menimbang berat ikan, mengukur ikan, pembuatan peralatan pemilihan ikan, teknik pakcing benih.

Baca Juga

Sosialisasi Gratifikasi dan Benturan Kepentingan (Conflict of Interest) kepada pihak Eksternal BPPP Ambon

Dalam upaya Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *