Home » Berita » Latihan Basic Safety Training (BST) Perdana Dilaksanakan BPPP Ambon

Latihan Basic Safety Training (BST) Perdana Dilaksanakan BPPP Ambon

Senin, 18 September 2017, sebuah sejarah baru diukir di Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Ambon, pembukaan perdana Latihan Basic Safety Training (BST). Latihan BST ini adalah jenis latihan yang sangat ditunggu-tunggu dan diharapkan oleh masyarakat Maluku dan sekitarnya terutama bagi mereka yang bekerja di laut.  Sertifikat BST merupakan syarat bagi para pelaut baik itu pencari ikan, pekerja di kapal niaga ataupu pekerja di kapal wisata. BST merupakan latihan dasar untuk para pekerja memiliki keterampilan penyelamatan diri saat bekerja di laut. Selama ini para ABK yang ingin mendapatkan sertifikat BST harus mengambilnya di Barombong, Gowa, Sulawesi Selatan, atau di Sorong, Papua Barat. Setelah beberapa tahun fasilitas BST BPPP Ambon tersedia dan telah diaproval oleh Dirjen Pehubungan Laut bulan April 2017 lalu, akhirnya hari ini bisa dimulai untuk angkatan pertama.

Latihan ini dibuka secara resmi oleh Asisten Deputi SDM Kementerian Koordinator Kemaritiman, Dr. TB Haeru Rahayu di Aula BPPP Ambon. Dalam sambutannya, Pak TB, sapaan akrab beliau, menyampaikan berbagai hal terkait pentingnya networking dan kolaborasi dalam bekerja baik secara vertikal maupun horizontal. Selain itu beliau juga memberikan dorongan semangat untuk terus berkarya bagi bangsa dengan lebih banyak melihat kesamaan visi membangun bangsa dan mengesampingkan berbagai baju perbedaan, atau melembutkan sekat perbedaan agar tidak terjadi luka saat ada gesekan, mengedepankan sinergitas demi kepentingan masyarakat Indonesia. Selain itu Pak TB juga memberikan dorongan agar terus maju dan tidak berhenti dengan kendala yang ada. Hampir di sepanjang sambutannya, hadirin ramai bertepung tangan meriah karena tersentuh dengan kalimat-kalimat bijaksana dalam sambutan Pak TB.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPPP Ambon, Praatma Prihadi menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman yang telah membiayai kegiatan pelatihan BST di BPPP Ambon untuk latihan perdana ini. Dukungan yang besar dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman telah mengantar perjuangan BPPP Ambon untuk mewujudkan latihan BST bagi masyarakat Maluku dan sekitarnya terwujud, dimulai dari peristiwa rekomendasi aproval sampai pada pelaksanaan latihan perdana. Pada kesempatan yang sama, Pak Ari, menyampaikan apresiasi dan penghargaan sebesar-besarnya kepada segenap pihak yang telah mendukung, terutama Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Pusat Pelatihan Kelautan Perikanan, BRSDM KP. Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada segenap pimpinan dan perwakilan UPT KKP yang hadir saat pembukaan di antaranya PPN Ambon, Stasiun Karantina Ikan Ambon, BPBL Ambon, Stasiun PSDKP Ambon, serta perwakilan Pemerintah Daerah Maluku.

Latihan perdana BST ini dijadwalkan akan berlangsung selama delapan hari. Jumlah peserta yang mengikuti latihan ini sebanyak 30 orang yang berasal dari Kota Ambon, Maluku Tengah, Seram Bagian Timur, Kota Tual dan beberapa daerah lain di Maluku. Selain itu peserta juga berasal dari beberapa instansi pemerintah dan swasta yakni PPN Ambon, BPPP Ambon, dan sebagian dari perusahaan di Kota Ambon.

Baca Juga

PENGADAAN JASA LAINNYA ORANG PERORANGAN (PJLP)TAHUN 2024 BPPP AMBON

Dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi di Balai Pelatihan danPenyuluhan Perikanan (BPPP) Ambon, kami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *