Home » Berita » BPPP Ambon bersama P2MKP Sweet Hatukau Membangun SDM Batu Merah Ambon

BPPP Ambon bersama P2MKP Sweet Hatukau Membangun SDM Batu Merah Ambon

membuat gergaji Selasa, 29 Oktober 2013, bertempat di P2MKP Sweet Hatukau Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon, berlangsung pelatihan kerajinan kerang bagi pemuda pemudi Galunggung Desa Batu Merah Kota Ambon. Pelatihan ini diikuti oleh 20 orang peserta. Mereka berlatih di bawah bimbingan 4 orang pelatih. dengan 2 orang supervisor dari BPPP Ambon yaitu Mohtadi Waliulu dan Agussalim.

upload9

Husen Assagaff yang merupakan ketua pengelola P2MKP Sweet Hatukau menyatakan bahwa, dari kegiatan ini para pemuda bisa mengembangkan usaha yang berpotensi mendatangkan pendapatan yakni kerajinan kerang mutiara. Selaku pelaku bisnis kerajinan kerang, dia memotivasi peserta agar melihat besarnya prospek pasar dari usaha kerajinan kulit kerang ini, karena terhitung masih langka jumlahnya di Indonesia bahkan di Maluku sendiri.

membuat kikir

 

Dalam kesempatan mendampingi pelatihan ini, Agussalim (Widyaiwara BPPP Ambon) mewakili BPPP Ambon, dalam sambutannya pada acara pembukaan pelatihan menyatakan bahwa latihan ini adalah wujud perhatian pemerintah dalam hal ini KKP untuk memberdayakan masyarakat sehingga bisa dikatakan bahwa pelatihan ini adalah dari masyarakat dan untuk masyarakat. Menurutnya, pelaku usaha di bidang Kelautan dan Perikanan memang menjadi fokus Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan untuk disupport melalui pendampingan agar mampu menularkan kesuksesan usahanya kepada orang lain melalui kegiatan pelatihan.

gambar burung cenderawasih

Pelatihan yang diikuti dengan penuh antusias peserta ini menunjukkan output yang memuaskan, bukan hanya berupa 20 orang lulusan diklat tetapi juga lahirnya karya seni hasil kerajinan kerang berupa hiasan dinding gambar bunga, burung, nelayan dan burung cenderawasih. hasil kerjainan tersebut jika dirupiahkan sekitar 200 ribu per buah. Hal ini merupakan potensi yang sangat besar untuk dikembangkan di Ambon apalagi mengingat potensi kerang mutiara cukup besar di daerah Ambon dan sekitarnya.

 

Agussalim

 

Baca Juga

Tolak Gratfikasi Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 M

Salam super sahabat #minamania pada tahu gak sih bahwa gratifikasi pada umumnya masih belum dipahami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *