Home » Berita » BPPP Ambon Melatih Awak Kapal INKA MINA di Sorong

BPPP Ambon Melatih Awak Kapal INKA MINA di Sorong

Mengoperasikan Kapal Inka Mina

Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Ambon sukses menyelenggarakan Pelatihan Keterampilan Bagi Awak Kapal Penangkap Ikan Inka Mina di Kota Sorong Provinsi Papua Barat yang diselenggarakan dari tanggal 2 sampai dengan 7 November 2013. Kegiatan yang dipusatkan di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Sorong ini mendapat apresiasi yang sangat positif dari kelompok nelayan penerima bantuan kapal Inka Mina dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Sorong.

Penentuan Arah Kapal

Pada acara pembukaan pelatihan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Sorong yaitu Ruddy R. Laku, S.Pi, MM, dalam sambutannya Kepala Dinas mengucapkan terima kasih kepada BPPP Ambon atas alokasi kegiatan yang dikhususkan bagi kelompok nelayan penerima bantuan dan tentunya kegiatan ini akan mengajari awak kapal Inka Mina yang tadinya hanya biasa menggunakan sarana tradisional seperti perahu atau kasko untuk lebih siap lagi bekerja di atas kapal perikanan yang pola kerjanya berbeda dan memerlukan keterampilan khusus. Sambutan yang sama juga diutarakan oleh Ketua Kelompok Nelayan penerima bantuan yaitu Johana Sia dan menambahkan bahwa dengan pelatihan ini diharapkan nelayan penerima bantuan Kapal Inka Mina di Kota Sorong dapat mengambil ilmu dan berbagi pengalaman dengan pelatih dari BPPP Ambon.

Navigasi

Kegiatan pembelajaran dilaksanakan di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Sorong, sedangkan praktek laut di perairan Kota Sorong menggunakan KM Inka Mina. Adapun materi inti yang diberikan secara garis besar meliputi keterampilan kerja di deck, pelayaran (merencanakan pelayaran/menjangka peta, navigasi elektronik, olah gerak kapal, komunikasi laut) pengoperasian dan perawatan alat penangkap ikan serta materi kepelautan perikanan lainnya. Pada praktek laut juga diajarkan cara mengoperasikan alat penangkapan ikan yang ada di KM Inka Mina yaitu jaring millenium permukaan (Surface Untwisted PA Multimonofilament Gillnet). Para peserta sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran.

Foto Bersama

Pada acara penutupan yang juga dihadiri Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Ambon yaitu Silvester Simau, A.Pi, S.Pi, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan semoga pelatihan ini dapat menjadi solusi atas rendahnya SDM dan pengalaman awak kapal yang bekerja di KM Inka Mina sehingga kelompok nelayan penerima kapal bantuan Inka Mina di Kota Sorong siap untuk mengoperasikan kapal bantuan tersebut. Ketua kelompok nelayan penerima bantuan, Johana Sia sangat berterima kasih dan merasa puas atas kegiatan pelatihan ini serta berharap bahwa dengan pelatihan ini nelayan di Kota Sorong bisa merangkai jalan menuju kesejahteraan mereka.

Indra Cahya

Baca Juga

Tolak Gratfikasi Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 M

Salam super sahabat #minamania pada tahu gak sih bahwa gratifikasi pada umumnya masih belum dipahami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *