Home » Berita » Pergantian Kepemimpinan di BPPP Ambon

Pergantian Kepemimpinan di BPPP Ambon

Penyerahan Agenda Kerja BPPP Ambon ke Ka Balai Baru Selasa, 19 Nopember 2013, di Aula Balai Diklat Perikanan Ambon berlangsung serah terima jabatan Kepala Balai dari Silvester Simau, A.Pi, S.Pi, M.Si kepada Mathius Tiku, S.Pi, M.Si. Hadir dalam acara ini Kepala Pusat Pelatihan Kelautan dan Perikanan, Ir. Balok Budianto, MM dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku yang dulunya pernah menjabat Kepala BPPP Ambon, Ir. Bastian Mainassy, M.Si. Acara pisah sambut ini begitu semarak dengan hadirnya banyak undangan di antaranya para kepala UPT lingkup KKP di Kota Ambon, yakni kepala SUPM Ambon, Kepala BBL Ambon, perwakilan Karantina Ikan Ambon, PPN Ambon, PSDKP Ambon, pegawai Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku dan Dinas KP Kota Ambon, perwakilan Dekan Fakultas Perikanan Unpatti Ambon, Dharma Wanita BPPP Ambon serta perwakilan tokoh agama (imam dan pendeta). Bahkan acara ini turut dimeriahkan dengan lantunan lagu-lagu ambon yang dinyanyikan oleh paduan suara BPPP Ambon.

sambutan Kapuslat KP“Ada saat lahir ada saat kembali, ada saat menanam ada pula saat menuai, ada saat bersua ada saat bapisah”, demikian pengantar oleh MC acara pisah sambut memulai acara. Dalam kesan dan pesan yang disampaikan oleh Ekadasa Priantara, ST, M.Si (Kasie Program BPPP Ambon) menyatakan bahwa banyak prestasi gemilang yang telah diraih BPPP Ambon dalam kepemimpinan Silvester Simau, di antaranya BPPP Ambon berhasil meraih sertifikat ISO 9001, yang menandai baiknya kualitas layanan di Balai Diklat ini. Harapannya kekompakan yang telah terbina selama ini tetap dipertahankan, karena dengan kekompakan kita akan kuat dan maju. Mewakili seluruh pegawai, Ekadasa Priantara menyampaikan terimakasih yang tak terhingga atas semua jasa Silvester Simau selama menjabat Kepala BPPP Ambon, dan mendoakan semoga membawa perubahan besar juga di tempat barunya yakni Akademi Perikanan Sorong. Selanjutnya dia juga menyampaikan selamat datang dan bekerja di BPPP Ambon dan berharap semoga di kepemimpinan Mathius Tiku BPPP Ambon semakin lebih baik lagi.

pegang tangan persaudaraanBerat hati berpisah dengan BPPP Ambon, tapi sebagai abdi Negara yang siap mengemban tugas dimana saja maka meskipun berat tetapi harus dijalani, demikian yang disampaikan oleh Silvester Simau saat menyampaikan kalimat-kalimat perpisahan untuk BPPP Ambon. Banyak hal yang dititipkannya untuk Kepala Balai yang baru, Mathius Tiku, di antaranya bahwa para pegawai BPPP Ambon sedang gencar mengembangkan SDM dengan banyaknya staf yang mengikuti program kuliah S2 baik tugas belajar maupun ijin belajar, juga program S1. Bahkan harapan ini ditujukan pula kepada Kepala Pusat Pelatihan agar menyiapkan program yang mengakomodir pengembangan SDM di BPPP Ambon seperti program S3 yang saat ini dan ke depan bukan sesuatu yang luar biasa lagi disebabkan majunya persaingan global.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Pelatihan KP menyampaikan apresiasi kepada Silvester Simau atas berbagai prestasi yang telah diukirnya di BPPP Ambon. Prestasi tersebut sering disebut-sebut oleh pejabat lingkup Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPSDM-KP) termasuk Kepala BPSDM-KP Dr. Suseno, seperti predikat Balai Diklat terbersi. Bahkan pujian juga dating dari luar KKP yakni dari Deputi LAN RI, setelah sempat berkunjung ke BPPP Ambon saat BPPP Ambon melakukan kerjasama pelatihan dengan LAN RI. Silvester Simau dianggap telah berhasil membawa perubahan ke arah kemajuan di BPPP Ambon, harapannya semoga berhasil pula membawa perubahan maju di Akademi Perikanan Sorong.

Foto Bersama KapusKapuslat KP juga menyampaikan bahwa BPSDM-KP saat ini telah mendatangani MoU dengan Universitas di Amerika untuk kerjasama pengembangan SDM. Menurutnya BPSDM-KP juga telah menandatangani kerjasama untuk short course dengan beberapa NGO internasional seperti NOAA, CI, WWF dan CTC di bidang konservasi perikanan. Hal ini merupakan kesempatan bagi pegawai BPPP Ambon untuk pengembangan SDMnya. Di akhir sambutannya Kapuslat menitipkan pesan kepada Kepala BPPP Ambon yang baru, Mathius Tiku, agar mempersiapkan sarpras serta SDM Balai untuk menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) mengingat besarnya tantangan yang akan dihadapi masyarakat kelautan dan perikanan ketika MEA itu dimulai, dan itu merupakan tanggungjawab orang-orang yang ada di Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan.

Agussalim

Baca Juga

Tolak Gratfikasi Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 M

Salam super sahabat #minamania pada tahu gak sih bahwa gratifikasi pada umumnya masih belum dipahami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *