Home » Berita » Ibu-Ibu Persit Kartika Chandra Kirana Wilayah VII Wirabuana Dilatih Membuat Olahan Ikan

Ibu-Ibu Persit Kartika Chandra Kirana Wilayah VII Wirabuana Dilatih Membuat Olahan Ikan

PraktekWakatobi, Minggu (16/02) BPPP Ambon menyelenggarakan Pelatihan Diversifikasi Pengolahan Hasil Perikanan bagi Ibu-Ibu Persit Kartika Chandra Kirana Wilayah VII Wirabuana dalam bidang pengolahan hasil perikanan. Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Ambon menggelar pelatihan Diversifikasi Pengolahan Ikan dan Rumput Laut selama enam hari (16-21 Februari 2014) yang diikuiti oleh 30 istri tentara Korem 143 Haluuleo. Pelatihan yang digelar di Kabupaten Wakatobi ini, dibuka oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 143/PD VII Wirabuana Korem 143/Haluuleo Arnita Nila Hapsari.

PraktekArnita Nila Hapsari dalam sambutannya mengatakan, sampai saat ini peran wanita di bidang perikanan khususnya pengolahan hasil perikanan di Wilayah VII Wirabuana masih sangat minim. Melalui pelatihan ini diharapkan peran Ibu-Ibu Persit Kartika Chandra Kirana Wilayah VII Wirabuana dalam bidang perikanan bisa lebih ditingkatkan terlebih dalam pengolahan dan pemasaran aneka olahan ikan dan rumput laut, tambahnya. Pada kesempatan yang sama Kepala BPPP Ambon Mathius Tiku, S.Pi, M.Si juga menyampaikan harapan melalui pelatihan diversifikasi pengolahan ikan dan rumput laut ini Ibu-Ibu Persit Kartika Chandra Kirana Wilayah VII Wirabuana memiliki pengetahuan, keterampilan dalam pengolahan ikan dan rumput laut, dan bisa dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi keluarga.

Foto BersamaDalam pelatihan ini para peserta dilatih berbagai produk olahan ikan yaitu abon ikan, kaki naga, fish finger dan nugget ikan, sedangkan produk olahan rumput laut yaitu manisan rumput laut, selai rumput laut dan stik keju rumput laut oleh Instruktur BPPP Ambon Rachel L. Wattimena, S.Pi dan Fiona A.B. Nikjuluw, S.Pi, M.Si. Adanya pelatihan pengolahan ikan dan rumput laut ini, diharapkan pada saat penangkapan ikan dan budidaya rumput laut melimpah, bisa diserap oleh Poklahsar untuk diolah lebih lanjut menjadi aneka olahan ikan dan rumput laut.

Kepala BPPP Ambon berharap agar kerjasama yang sudah dilakukan ini dapat terus berjalan dengan baik, sebagai mitra strategis dalam pengembangan sumber daya manusia kelautan dan perikanan, guna meningkatkan perekonomian masyarakat serta mewujudkan visi dan misi Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Rachel L. Wattimena

Baca Juga

Tolak Gratfikasi Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 M

Salam super sahabat #minamania pada tahu gak sih bahwa gratifikasi pada umumnya masih belum dipahami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *