Home » Berita » Wanita Pesisir Pantai Kendari Melatih Membuat Aneka Olahan Ikan

Wanita Pesisir Pantai Kendari Melatih Membuat Aneka Olahan Ikan

Membuat MieKendari 21 Maret 2014, Wanita Pesisir Pantai melatih masyarakat membuat aneka olahan ikan seperti abon ikan, abon udang, mie, kue, dodol, dan selai rumput laut. Pelatihan akan berlangsung selama 4 (hari) dari tanggal 21 sampai dengan 24 Maret 2014. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kendari Ir. Agussalim Syafrullah, M.Si, yang dalam arahannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada BPPP-Ambon karena kembali mempercayakan P2MKP Wanita Pesisir Pantai melaksanakan pelatihan. Dia juga berharap agar silahturahmi yang terjalin begitu baik harus tetap dijaga dan dipelihara. Pada acara yang sama Supervisor pelatihan yang bersasal dari BPPP Ambon Fiona A.B.Nikyuluw, S.Pi, M.Si, mengatakan harapan BBPPP Ambon adalah harapan P2MKP dan Harapan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kendari yaitu adanya sikap dari peserta untuk menerapakan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan. Dari 10 lulusan output yang dihasilkan, outcome yang diperoleh harus 70 % artinya 7 orang di antaranya harus berhasil, dan inilah yang menunjukkan keberhasilan dari P2MKP Wanita Pesisir Pantai melaksanakan pelatihan.

Membuat Olahan IkanSalah Satu dari 3 (tiga) Kelompok P2MKP yang ada di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara adalah Usaha Pengolahan Ikan “Kelompok Wanita Pesisir Pantai” di Kelurahan Poasia Kecamatan Abeli Kota Kendari. Usaha Pengolahan Ikan yang berdiri sejak tahun 2001 dengan tujuan awal yaitu memberdayakan ibu-ibu nelayan di pesisir pantai Kelurahan Poasia Kecamatan, sampai sekarang semakin eksis dan berkembang dengan berbagai bentuk olahan ikan maupun rumput laut. P2MKP ini dinahkodai oleh Nuriatin.

Pelatihan ini menggunakan kurikulum berbasis kompetensi dengan jumlah 24 jam pelatihan, dan bobot materi 25 % terori dan 75 % praktek dalam bidang pengolahan abon ikan, abon udang, mie, kue, dodol dan selai rumput laut adalah target yang harus terpenuhi dan tercapai oleh peserta pelatihan maupun oleh pelatih-pelatih profesional yang berasal dari P2MKP Wanita Pesisr pantai, Penyuluh Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kendari, dan Konsultannya Wanita Pesisir Pantai dalam melaksankan pelatihan

Foto BersamaEvaluasi pelatihan baik itu terhadap penyelenggaraan pelatihan maupun pelatih dilaksanakan dengan baik oleh peserta dan sebagai bentuk SIKAP peserta untuk melaksanakan Pengetahuan dan Keterampilan yang diproleh maka Peserta diharuskan mengisi Formulir Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang ditandatangani langsung oleh Ketua P2MKP.

Akhir kegiatan pelatihan peserta berhak memperoleh Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan yang ditandatangani langsung oleh Kepala BPPP-Ambon Mathius Tiku S.Pi, M.Si yang mengharapkan peserta dapat mengaplikasikan keterampilan yang diperoleh pada kegiatan pengolahan di daerah asalnya.

 

Baca Juga

Tolak Gratfikasi Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 M

Salam super sahabat #minamania pada tahu gak sih bahwa gratifikasi pada umumnya masih belum dipahami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *