Home » Berita » Pelatihan Budidaya Air Tawar Di P2MKP Nila, Kota Kendari

Pelatihan Budidaya Air Tawar Di P2MKP Nila, Kota Kendari

Kendari, 22 Agustus 2014, berlangsung pembukaan pelatihan pembesaran ikan nila, ikan mas, ikan gurame dan ikan lele di Kecamatan Puuwatu Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Pengelola P2MKP Nila, Lasarus O. Kilikily. Turut hadir pada pelatihan ini supervisor dari BPPP Ambon Moh. Arief Hidayat, A.Md dan Supervisor Angkatan Purwono, S.St.Pi, dan peserta pelatihan 20 orang, penyelenggaraan pelatihan dilaksanakan dari tanggal 22 sampai dengan 25 Agustus 2014.

Lokasi budidaya nilaKelompok usaha Nila Kota Kendari pada tahun 2013 diusulkan oleh BPPP Ambon sebagai calon P2MKP untuk melatih masyarakat di bidang budidaya air tawar dan pada tahun 2014 telah disetujui oleh BPSDMKP sebagai tempat pelatihan. Peserta yang dilatih berasal dari Kelurahan Puuwatu, Kelurahan Walala Kec. Ladongi Kab. Kolaka Timur, Kel. Poasia Kec. Poasia Kota Kendari, Kel. Lambosa Kec. Konda Kab. Konawe Selatan, Kel. Wua-Wua Kota Kendari Kec. Wua-Wua Kota Kendari.

Materi yang diberikan pada pelatihan ini meliputi : 1) Menyeleksi induk, 2) Memijahkan Ikan, 3) Pemanenan dan Penanganan Telur Ikan, 4) Penebaran Larva, 5) Persiapan Kolam Ikan, 6) Pemeliharaan Ikan, 7) Pemberian Pakan, 8) Mengendalikan Hama dan Penyakit Ikan, 9) Pemanenan Ikan.

LahanPraktek yang dilakukan meliputi: 1) Persiapan wadah, 2) Pembalikan tanah dasar kolam, 3) Pemumpukan kolam, 4) Pemijahan ikan lele, 5) Teknik penebaran benih, 6) teknik dan metode pemberian pakan, 7) Teknik menyampling ikan, 8) Menimbang berat ikan, 9) Mengukur ikan, 10) Pembuatan peralatan pemilihan ikan, 11) Teknik pakcing benih.

Kegiatan pelatihan ini sangatlah penting mengingat kebutuhan pasar akan ikan air tawar segar di Kota Kendari dan sekitarnya mulai meningkat. Tidak hanya kebutuhan ikan air laut yang sedang digemari oleh para pecinta olahan ikan, ikan air tawar pun lezat apabila dijadikan sebagai kebutuhan makan dan bisa meningkat kebutuhannya pula apabila musim ombak besar sehingga ikan air laut susah dicari.

Kolam budidayaAntusiasme para peserta pelatihan sangat tinggi, hal ini ditunjukkan dengan kehadiran yang tepat waktu dan selalu mengikuti rangkaian kegiatan secara keseluruhan. Rata-rata para peserta pelatihan sudah memiliki perencanaan untuk membuka usaha budidaya air tawar di daerahnya masing-masing, khususnya diwilayah Kabupaten Konawe Selatan yang memiliki lahan yang masih sangat luas dan ketersedian air tawar yang belum tercemar. Para peserta berharap dengan mengikuti kegiatan pelatihan ini bisa menambah pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam budidaya ikan air tawar serta adanya perhatian dari Pusat melalui P2MKP Nila untuk melihat potensi yang ada di wilayah mereka masing-masing sehingga potensi yang ada bisa dimanfaatkan secara optimal dan dapat mensejahterakan perekonomian para lulusan pelatihan/purnawidya.

Baca Juga

Tolak Gratfikasi Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 M

Salam super sahabat #minamania pada tahu gak sih bahwa gratifikasi pada umumnya masih belum dipahami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *