Home » Berita » Pelatihan Pembuatan dan Pengoperasian Alat Tangkap Rawai Dasar di Kota Tual
Praktek Pengoperasian Alat Tangkap Rawai Dasar

Pelatihan Pembuatan dan Pengoperasian Alat Tangkap Rawai Dasar di Kota Tual

Pembukaan Pelatihan Pembuatan dan Pengoperasian Alat Tangkap Rawai Dasar di Kabupaten Maluku Tenggara

Tual 13 Oktober 2014, pelatihan penangkapan ikan bagi masyarakat nelayan di Kota Tual Provinsi Maluku untuk pertama kalinya dilaksanakan tahun 2014 ini. Pelatihan penangkapan ikan yang dilaksanakan oleh BPPP Ambon ini tepatnya adalah Pelatihan Pembuatan dan pengoperasian Rawai Dasar di Desa Leebetawi kecamatan Dullah Utara Kota Tual Provinsi Maluku. Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Tual, Ir. S.Wusurwut, M.Si di dampingi Kepala BPPP Ambon, Mathius Tiku S.Pi, M.Si. Pelatihan ini dilaksanakan dari tanggal 13 s.d. 18 Oktober 2014 dan diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal dari Desa Leebetawi dan Desa Dullah Laut Kota Tual. Turut hadir dalam acara pembukaan Kepala Seksi Penangkapan Ikan DKP Kota Tual, Nurhayati Renhoran, beberapa orang staf DKP Kota Tual, panitia pelaksana, pelatih dari BPPP Ambon dan peserta.

Praktek Pengoperasian Alat Tangkap Rawai Dasar

Pelatihan dilaksanakan selama 6 hari dengan komposisi kurikulum pelatihan 25 % teori dan 75 % praktek dengan jumlah jam berlatih 48 JP. Kompetensi yang diberikan dalam pelatihan ini meliputi Menerapkan Keselamatan Kerja di Laut, Mengidentifikasi Bahan Pembuatan dan Alat bantu Pengoperasian Rawai Dasar, Membuat Rawai Dasar, Merencanakan Hari Operasi Penangkapan Ikan, Menentukan Daerah Penangkapan Ikan, Melakukan Penangkapan Ikan Menggunakan Rawai Dasar, Menerapkan Penanganan dan Penyimpanan Hasil Tangkapan, Menerapkan Usaha Penangkapan Ikan yang bertanggung jawab, Manajemen Usaha Penangkapan Ikan, dan Menerapkan Peraturan Perikanan.

Pada kesempatan pelatihan ini sedang berlangsung, hadir pula Tim Monitoring dan Evaluasi Pelatihan dari Pusat Pelatihan Kelautan dan Perikanan yakni Diah. Diah hadir untuk melakukan Monitoring dan Evaluasi kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh tim dari BPPP Ambon. Pelatihan berlangsung dengan lancar dan tercapai hasil sesuai tujuan dan sasaran pelatihan. Diharapkan pelatihan ini akan menambah skill dan pengetahuan nelayan tentang penangkapan ikan dengan rawai dasar yang akan membantu mereka meningkatkan taraf ekonomi mereka untuk kehidupan keluarga yang lebih baik di masa mendatang.

 

Baca Juga

Tolak Gratfikasi Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 M

Salam super sahabat #minamania pada tahu gak sih bahwa gratifikasi pada umumnya masih belum dipahami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *