Home » Berita » Pelatihan Sustainable Fisheries and Fair Trade Tuna oleh MDPI di BPPP Ambon

Pelatihan Sustainable Fisheries and Fair Trade Tuna oleh MDPI di BPPP Ambon

Pemberian Materi oleh MDPIBPPP Ambon kembali menjadi tempat terlaksananya pelatihan yang dilakukan oleh NGO/LSM bidang perikanan, yakni MDPI. MDPI adalah singkatan dari Masyarakat Dan Perikanan Indonesia yang merupakan NGO yang melakukan pendampingan nelayan tuna skala kecil di Indonesial. MDPI melakukan pelatihan program Sustainability Fisheries and Fair Trade Tuna untuk yang pertama kalinya di Ambon. Out put pelatihan yang berlangsung dari tanggal 9 sampai 14 Pebruari ini menurut Widi Artanti (Koordinator Fair Trade MDPI) adalah terlatihnya staf MDPI yang siap untuk penugasan program Sustainable Fisheries And Fair Trade Tuna. Dalam kegiatan pelatihan ini, peserta yang berjumlah sekitar 40 orang selain mendapatkan materi kelas, juga melakukan field trip ke perusahaan tuna Harta Samudera dan ke basis nelayan tuna di Asilulu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah. Sebagai catatan, rantai pemasaran tuna di Asilulu sudah mendapatkan sertifikat Fair Trade tuna pertama di dunia, dan akan dijadikan pilot project fair trade oleh MDPI untuk fair trade perikanan tuna berkelanjutan di Indonesia.

Menurut Artanti, harapannya dengan kegiatan pelatihan ini staf baru MDPI memahami tupoksi ketika menjalankan tugas di lokasi-lokasi penempatan di site-site MDPI (Sorong, Kaimana, Morortai, Larantuka, Namrole dan lainnya). Sekilas tentang MDPI, Artanti menjelaskan bahwa LSM ini awalnya merupakan perusahaan CSR (Corporate Social Resonsibility) dari eksportir tuna yang dulunya bernama Fishing and Living dari Anova lalu independent menjadi yayasan MDPI. LSM ini berkantor di Bali dengan wilayah kerja seluruh Indonesia. Sebagai LSM perikanan MDPI memiliki visi perikanan tuna berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat tuna, demikian tegas Widi.

Foto Bersama PesertaPihak BPPP Ambon juga berbangga bisa menjadi mitra bagi pelaksanaan pelatihan yang dilaksanakan oleh berbagai NGO. Hal ini berarti BPPP Ambon memiliki citra yang baik sebagai tempat pelaksanaan pelatihan. Terbukti MDPI yang berkantor di Bali memilih melaksanakan pelatihannya BPPP Ambon ketika mereka mulai fokus membangun sustainable fisheries and fair trade di Maluku.

Baca Juga

Tolak Gratfikasi Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 M

Salam super sahabat #minamania pada tahu gak sih bahwa gratifikasi pada umumnya masih belum dipahami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *