Home » Berita » Inilah SDM Berprestasi Kementerian Kelautan dan Perikanan dari BPPP Ambon

Inilah SDM Berprestasi Kementerian Kelautan dan Perikanan dari BPPP Ambon

Bersama Kapuslat di AMB Penghargaan yang diberikan kepada seseorang adalah salah satu cara yang sangat ampuh meningkatkan emosi positif sang penerima penghargaan termasuk dalam memacu motivasi kerja para karyawan. Memberikan penghargaan untuk peningkatan kinerja bahkan dipercaya jauh lebih ampuh dibanding punishment atau hukuman saat karyawan melakukan pelanggaran. Demikian yang sedang dibudayakan di dalam tubuh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI. Setiap tahun KKP melalui Tim yang dibentuk oleh Menteri Kelautan dan Perikanan dan jajarannya, menyaring para aktor (SDM) yang menjadi penggerak kinerja KKP baik di pusat maupun daerah bahkan sampai pada stakeholder yang membantu menyukseskan program KKP seperti nelayan, pengolah, pembudidaya, pemasar dan sebagainya. Mereka yang tersaring akan diganjar dengan penghargaan yang paling bergengsi di KKP yang dikenal dengan Penghargaan Adibakti Mina Bahari (AMB). Penghargaan AMB dari tahun ke tahun memunculkan tokoh-tokoh penggerak kerja KKP untuk semakin baik. Dampaknya adalah kinerja KKP semakin bagus di mata Kabinet Pemerintahan Presiden Jokowi-JK, terbukti dengan prestasi posisi tiga teratas lembaga pemerintahan yang berkinerja terbaik tahun 2015.

Di depan Istana Presiden RIAda yang istimewa pada Penghargaan AMB tahun 2015, yang dilangsungkan pada hari Jumat/11 Desember, bagi BPPP Ambon. Tahun ini BPPP Ambon berhasil memperoleh dua penghargaan untuk dua kategori yakni Widyaiswara Berprestasi dan Instruktur Berprestasi. Widyaiswara Berprestasi diraih oleh Agussalim, S.Pi, M.Si, dengan perolehan Juara II Nasional. Instruktur Berprestasi diraih oleh Indra Cahya, S.St.Pi, M.Si, dengan perolehan Juara III Nasional. Kedua SDM berprestasi ini masing-masing mendapatkan berbagai penghargaan mulai dari piagam, piala, sampai pada uang tunai belasan juta rupiah. Bahkan penghargaan yang paling istimewa adalah mendapatkan undangan untuk makan siang bersama Presiden Jokowidodo di Istana Negara Jakarta Pusat, didampingi Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumberdaya Rizal Ramli serta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiatuti. Ini adalah prestasi yang sangat besar terkhusus bagi dua orang pelatih dari BPPP Ambon ini, dan menjadi hadiah istimewa bagi BPPP Ambon yang harum namanya di tingkat nasional karena memiliki SDM berprestasi.

Ada yang bertanya apa yang istimewa dari kedua orang ini, yang mungkin tidak pernah menyangka akan meraih menghargaan itu? Keduanya adalah karyawan yang memilih jalur jabatan fungsional sebagai pelatih bagi aparatur dan masyarakat KKP. Sehari-harinya mereka bekerja untuk kepentingan BPPP Ambon dengan loyalitas tinggi dan senantiasa mengedepankan profesionalisme dan semangat progressif untuk membawa BPPP Ambon sejajar dengan Balai Diklat Perikanan lainnya di Indonesia. Sebagai karyawan dari BPPP Ambon yang memiliki wilayah kerja di bagian Timur Indonesia, mereka bersama seluruh karyawan BPPP Ambon berusaha menyalakan titik-titik cahaya pengetahuan dan keterampilan bagi pelaku utama dan pelaku usaha perikanan di wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, sampai Sulawesi Tenggara agar membawa terang bagi jalan kemajuan masyarakat kelautan perikanan wilayah Indonesia bagian timur melalui kegiatan-kegiatan pelatihan.

Secara lebih dekat kita bisa lebih mengenal mereka melalui biodata keduanya.

Agussalim, S.Pi, M.Si, (Widyaiswara Berprestasi Juara II Nasional)

Indra Cahya, S.St.Pi, M.Si (Instruktur Berprestasi Juara III Nasional)

Baca Juga

Sosialisasi Gratifikasi dan Benturan Kepentingan (Conflict of Interest) kepada pihak Eksternal BPPP Ambon

Dalam upaya Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *