Home » Berita » Kerjasama Pelatihan Blue Economy oleh CTC dan Pusat Pelatihan KP

Kerjasama Pelatihan Blue Economy oleh CTC dan Pusat Pelatihan KP

Pelatihan Blue Economy CTCCoral Traingle Center (CTC) yang merupakan NGO yang konsern pada pengembangan kapasitas pengelolaan konservasi dan perikanan berkelanjutan, menggalang kerjasama dengan Pusat Pelatihan KP melaksanakan kegiatan pelatihan Blue Economy di BPPP Ambon. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 15 sampai 18 Februari 2016. Peserta pelatihan adalah penyuluh perikanan yang berasal dari berbagai wilayah di Maluku. Peserta berjumlah 22 orang yang terdiri atas 6 orang dari Bakorluh Maluku, 4 orang masing-masing dari Kabupaten SBB, Kabupaten Buru, dan Kabupaten Maluku Tengah, 3 orang dari DKP Kota Ambon dan 1 orang dari BPPP Ambon.

Kunjungan lapang ke Loin TunaBlue Economy berisi materi tentang pengelolaan sumberdaya yang murah dan ramah lingkungan serta berujung pada zero waste atau nol limbah. Semangat blue economy penting untuk disampaikan ke masyarakat luas baik pelaku utama dan pelaku usaha untuk memikirkan bagaimana memperoleh nilai ekonomi dari setiap bagian dari produk perikanan selain yang selama ini dilaksanakan. Misalnya, jika selama ini bagian yang dimanfaatkan hanya daging ikan saja, maka dengan blue economy bagian ikan yang lainnya bisa diolah menjadi bernilai jual sampai tidak ada bagian yang tersisa atau terbuang.

Motivasi Sesbadan kepada PesertaPelatihan CTC yang dilaksanakan di BPPP Ambon ini menghadirkan para pelatih CTC yakni Hesty Widodo, Wahyu Hidayat, Silvianita Timotius, I Nyoman Suardana, Boy Mochran dan Adityo Setiawan. Di tengah berlangsungnya pelatihan, Sekretaris Badan Pengembangan SDMP KP, Dr. Rina berkenan hadir memberikan motivasi buat peserta pelatihan. Ibu Sesbadan yang dulunya merupakan pembina para penyuluh (Kepala Pusluh KP), adalah tokoh yang sangat familiar bagi penyuluh perikanan di seluruh Indonesia. Dr. Rina memberikan motivasi kepada penyuluh untuk terus memanfaatkan Simluh dan Cyber Extension untuk terus memberikan layanan kepada masyarakat.

Selain materi di kelas yang berisi simulasi dan focus group discussion, pelatihan Blue Economy yang digelar CTC ini juga berisi field trip ke lokasi pengolahan ikan atau produk laut lainnya. Objek yang dikunjungi berupa PPN (Pelabuhan Perikanan Nusantara) Ambon yang di dalamnya terdapat usaha tuna loin, dan pengepakan berbagai jenis ikan. Peserta juga mengunjungi usaha kerajinan kulit kerang mutiara di P2MKP Sweet Hatukau binaan BPPP Ambon yang berlokasi di Ahuru Kota Ambon.

Baca Juga

PENGADAAN JASA LAINNYA ORANG PERORANGAN (PJLP)TAHUN 2024 BPPP AMBON

Dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi di Balai Pelatihan danPenyuluhan Perikanan (BPPP) Ambon, kami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *