Home » Berita » BPPP Ambon Raih Peran Penting Dalam Program SEA USAID di WPPNRI 715

BPPP Ambon Raih Peran Penting Dalam Program SEA USAID di WPPNRI 715

Sambutan Direktur USAID dalam WorkshopUSAID Indonesia tahun 2016 meluncurkan salah satu proyek kerjasama dengan Pemerintah RI utamanya Kementerian Kelautan Perikanan, Bappenas, LIPI, dan Pemerintah Daerah yakni program Sustainable Acosystem Advanced (SEA) yang berjangka lima tahun terhitung sejak 2016. SEA merupakan salah satu program USAID Indonesia berupa penguatan pengelolaan ekosistem laut secara berkelanjutan di mana lokusnya adalah WPPNRI 715 (khususnya Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat). Tujuan utama program SEA adalah pengelolaan perikanan berkelanjutan, pengelolaan kawasan konservasi secara efektif, penguatan penegakan hokum di laut dan penguatan penyusunan tata ruang laut.

FGDDalam rangka keikutsertaan BPPP Ambon selaku bagian strategis dari program SEA dalam rangka peningkatan kapasitas masyarakat di lokus program, maka pihak USAID Indonesia bersama pemenang tender lelang program SEA yakni Tetra Tech serta konsorsium NGO (CTC, WWF dan WCS) telah mengunjungi BPPP Ambon dan meninjau berbagai workshop dan sarana pelatihan BPPP Ambon. Selain itu, BPPP Ambon juga diikutsertakan dalam kegiatan penyusunan rencana kegiatan prioritas SEA di Swiss Bell Ambon yang berlangsung pada tanggal 17 Mei 2016.

Workshop SEA Program yang dihadiri berbagai lembaga baik pemerintah pusat dan daerah, LSM, maupun perguruan tinggi di Ambon ini, selain bertujuan menjadi ajang sosialisasi, juga memiliki empat fokus pembahasan yakni :

  1. Rencana kegiatan Proyek SEA Provinsi Maluku
  2. Identifikasi lokasi proyek provinsi Maluku (KKPD)
  3. Identifikasi target jenis habitat dan spesies Provinsi Maluku
  4. Identifikasi isu-isu utama Provinsi Maluku

Baca Juga

Tolak Gratfikasi Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 M

Salam super sahabat #minamania pada tahu gak sih bahwa gratifikasi pada umumnya masih belum dipahami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *