Home » Berita » Wisata Bahari Teluk Ambon Membuka Cara Pandang Baru Pengelola Wisata Maluku Maluku Utara

Wisata Bahari Teluk Ambon Membuka Cara Pandang Baru Pengelola Wisata Maluku Maluku Utara

wisata-bahari-2Selasa 27 September 2016, pelatihan Pengelolaan Wisata Bahari jilid II, berhasil membuka wawasan dan cara pandang baru para pengelola wisata bahari di Provinsi Maluku dan Maluku Utara. Pelatihan yang terlaksana atas kerjasama Coral Triangle Center (CTC) dengan Balai Diklat Perikanan (BPPP) Ambon ini dihadiri oleh para pengelola wisata bahari baik di Ambon, Maluku Tengah, Seram Barat, Banda, sampai Kota Ternate. Peserta menyatakan mendapatkan cara pandang baru pengelolaan wisata bahari, karena di dalam pelatihan peserta dilatih mengasah kemampuan melihat potensi wisata yang terdapat pada sebuah objek baik dari aspek alamnya, sosial ekonominya, maupun budayanya. Selain itu peserta juga dilatih untuk menganalisis dampak yang harus diantisipasi untuk menjaga agar sumberdaya alam pada objek wisata bisa dipertahankan kelestariannya. Karena sumberdaya yang bisa dipertahankan akan menjamin keberlanjutan kegiatan wisata. Sebaliknya dampak yang tidak dikelola dengan baik akan merusak sumberdaya dan menyebabkan kegiatan wisata hanya berlangsung sesaat dan selanjutnya ditinggalkan oleh pengunjung, atau dengan kata lain pengunjung akan beralih ke objek wisata lain.

wisata-bahari-teluk-ambonPada momen praktek lapang wisata bahari di Teluk Ambon, peserta yang berjumlah 24 orang yang berasal dari berbagai daerah, berkeliling Teluk Ambon menggunakan kapal wisata BPPP Ambon, KM. Martha Alfons. Kegiatan praktek berlangsung di Teluk Ambon Bagian Dalam sampai di bawah Jembatan Merah Putih. Selain peserta pelatihan terdapat pula sekitar dua belas orang fasilitator/mentor pelatihan wisata bahari yang berasal dari berbagai instansi di Kota Ambon. Di atas kapal berlangsung diskusi di tengah-tengah kegiatan mengamati potensi wisata yang bisa digali dan dikembangkan di Teluk Ambon. Kegiatan wisata teluk ini sesungguhnya bertujuan menstimulasi kemampuan peserta agar bisa peka membaca potensi wisata bahari, sehingga pada saat kembali ke lokasinya masing-masing, bisa lebih cermat dalam mengidentifikasi potensi apa saja yang belum tergali dan penting dikembangkan.

fasilitatorFasilitator yang terlibat dalam praktek wisata bahari ini yakni: Monalisa dari Koperasi dan UMKM Maluku, Sulfa dan Mulyadi dari Dinas Pariwisata Maluku, Heru dari BPBL Ambon, Kristin dari PPN Ambon, Ranto, Polly Cristian Yenni, dan Ruslan dari BPPP Ambon, Robby, dan Wiwit dari PRL Ambon, Sendy dari Dikbud Maluku. Selain itu masih terdapat supervisor pelatihan dari CTC yakni Denny Boy Mochran dibantu supervisor dari BPPP Ambon, Agussalim. Terdapat pula panitia pelatihan yang diketuai Rahmawati Umasugi dan beranggotakan Junaidi Santoso dan Munakip Day. Rencananya pelatihan akan berlangsung selama empat hari sejak tanggal 26 sampai 29 September 2016.

Baca Juga

Tolak Gratfikasi Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 M

Salam super sahabat #minamania pada tahu gak sih bahwa gratifikasi pada umumnya masih belum dipahami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *