Home » Berita » Workshop Kekayaan Intelektual dan Pendampingan Pembuatan Dokumen Paten di BPPP Ambon

Workshop Kekayaan Intelektual dan Pendampingan Pembuatan Dokumen Paten di BPPP Ambon

Workshop Kekayaan Intelektual dan Pendampingan Pembuatan Dokumen Paten dilaksanakan di BPPP Ambon hari ini, Selasa 23 Mei 2017. Pemateri Workshop dua orang, Dodong Sofyan Sachmid berasal dari Pusat Inovasi LIPI yang merupakan anggota Majelis Pertimbangan Paten di Indonesia, dan Rais Rozali dari Sentra Kekayaan Intelektual, Badan Riset dan SDM Kelautan Perikanan yang sekaligus merupakan pengelola harian Paten KKP. Materi Workshop seputar pengenalan kekayaan intelektual, kekayaan intelektual dan pemanfaatannya, otentabilitas dan identifikasi invensi, penelusuran dokuemn paten, dan teknik pembuatan dokumen paten.

Kegiatan Workshop ini diikuti oleh pegawai fungsional UPT KKP di Kota Ambon, yakni BPPP Ambon, BPBL Ambon, dan SUPM Ambon. Dalam sambutannya Kepala BPPP Ambon Praatma Prihadi menyampaikan bahwa sesungguhnya paten tidak terbatas pada barang atau produk tetapi juga bisa berupa metode atau proses dan sebagainya. Disebutkan olek Pak Ari sapaan akrab Kepala BPPP Ambon, kegiatan ini untuk memberi pemahaman kepada SDM Balai dan UPT KKP di Kota Ambon tentang paten dan sekaligus memotivasi agar banyak berkarya untuk kepentingan masyarakat.

Melalui materi yang disampaikan oleh para narasumber diketahui bahwa syarat sesuatu bisa diajukan untuk mendapatkan hak paten adalah kebaruan (novelty), memenuhi langkah invensi, dan dapat diterapkan dalam industri. Selain itu dijelaskan pula perbedaan antara beberapa jenis paten dan jangka waktu berlakunya. Paten sederhana memiliki masa berlaku sepuluh tahun sedangkan paten biasa berlaku selama 20 tahun. Para narasumber  juga menyampaikan cara pengajuan paten, termasuk besar biaya yang dibutuhkan, baik paten dalam negeri maupun paten internasional.

Kegiatan workshop dilengkapi dengan kunjungan sekaligus praktek pengajuan paten di Balai Perikanan Budidaya Laut Waiheru Ambon pada hari Rabu, 24 Mei. Seperti diketahui bahwa BPBL Ambon tercatat telah memiliki satu nomor pendaftaran paten di Paten KKP, sedangkan BPPP Ambon sedang dalam proses  pengajuan paten untuk Keramba Jaring Apung Fiber. Kegiatan workshop ini menurut salah satu peserta dari BPPP Ambon, Agussalim, “memberikan pemahaman tentang paten bahwa ternyata paten tidak sesulit yang dibayangkan dan kegiatan ini juga memberi semangat untuk terus belajar dan banyak berkarya serta mendokumentasikan karya-karya”.

Baca Juga

Tolak Gratfikasi Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 M

Salam super sahabat #minamania pada tahu gak sih bahwa gratifikasi pada umumnya masih belum dipahami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *