Home » Berita » Pelatihan Internasional Dilaksanakan BPPP Ambon

Pelatihan Internasional Dilaksanakan BPPP Ambon

Senin, 17 Juli 2017, BPPP Ambon mengukir sejarah baru dalam perjalanannya membangun sumberdaya manusia kelautan dan perikanan di tanah air. Hari ini untuk pertama kalinya, BPPP Ambon menyelenggarakan pelatihan bertaraf internasional yakni International Training on Fisheries for African and Middle East Countries. Pelatihan ini merupakan bentuk peranan Indonesia dalam Kerjasama Selatan-Selatan (South-South Cooperation). Pelatihan ini dihadiri oleh pejabat Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Luar Negeri, dan Pejabat Pemda Provinsi Maluku. Dubes Kemlu RI, Ronny Prasetyo Yuliantoro, membuka acara ini secara resmi. Sambutan pelatihan diberikan oleh Dubes Kemlu, Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan KP, Mulyoto, Staf Ahli Gubernur Maluku, dan Kepala BPPP Ambon.

Pada kesempatan memberikan sambutan, Kepala BPPP Ambon, Praatma Prihadi, menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Luar Negeri dan Kementerian KKP atas kepercayaan melaksanakan pelatihan internasional ini. Dia mengatakan bahwa BPPP Ambon siap secara SDM dan fasilitas untuk melaksanakan pelatihan bertaraf interasional, sehingga kepercayaan tersebut merupakan kesempatan menunjukkan kemampuan BPPP Ambon melaksanakan event internasional.

Pada momen pembukaan pelatihan ini, diperlihatkan kepada seluruh hadirin tentang bentuk peranan lembaga pelatihan milik Kementerian KP dalam membangun SDM lintas negara yang tergabung dalam Kerjasama Selatan-Selatan. Indonesia memiliki peranan penting dalam ikut memajukan kehidupan dan keadilan sosial di dunia, sebagaimana amanat pembukaan UUD 1945, melalui sumbangsih pelatihan seperti yang dilaksanakan di BPPP Ambon saat ini.

Peserta pelatihan internasional perikanan ini berasal dari 12 negara benua Afrika.

  1. Aljazair mengutus 3 orang peserta  yakni Masmoudi Mohammed, Kennochen Farid, dan Benagbdi.
  2. Mauritania diwakili oleh Mohammed Salem.
  3. Djibouty mengutus Habon Mohammed Elmy.
  4. Zimbabwe mengutus Honour Shumba.
  5. Mozambique mengutus Alfredo.
  6. Kenya mengutus Dr. Akunga Beatrice.
  7. Namibia mengutus M. Andreas Van Niekerk.
  8. Mesir mengutus Mohammed Ahmed.
  9. Senegal mengutus oleh Mansour Ndour.
  10. Sudan mengutus Sharafeldeen Zakaria.
  11. Nigeria mengutus Fatimah Abidemi Adeyemi.
  12. Madagascar mengutus Herinarivo Mendrika Fandresena.

Pada bagian akhir kegiatan, pihak Kemlu berkesempatan menyampaikan penghargaan kepada pihak BPPP Ambon yang diterima langsung oleh Kepala BPPP Ambon.

Baca Juga

Tolak Gratfikasi Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 M

Salam super sahabat #minamania pada tahu gak sih bahwa gratifikasi pada umumnya masih belum dipahami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *